Trimester Pertama…

Pertama2 tau kalo hamil, lagi ditinggal sama suami tugas kerja ke Surabaya selama 2 minggu.. waktu itu lagi nungguin kok mens nya ga dateng2.. setelah telat seminggu akhirnya test pack.. hasilnya garis nya emang muncul 2 tapi garis keduanya tipis sekali.. waktu itu pake test pack sensitive.. akhirnya minggu depannya test lagi.. sengaja nunggu seminggu soalnya nunggu hormonnya naik dulu.. kali ini test pake yg merk akurat dan garis nya dua2nya jelas.. hehe..


Abis itu nunggu suami pulang dulu baru deh ke dokter.. males banget ke dokter sendirian haha.. jadi kira2udah 4/5 minggu itu pas pertama kali ke dokter.. Dokter yg pertama kali aku datengin namanya Anthony Gunadi di RS Pluit.. Dokter nya udah senior, semua dijelaskan dengan baik… aku Cuma dikasih 1 vitamin, namanya Prenamia.. pokok nya saran dari dokternya jangan capek2, jangan kebanyakan naik tangga, dan makan makanan sehat2.. untuk susu hamil, boleh minum boleh engga… dan akhirnya aku minum, karna kan Cuma dikasih 1 vitamin.. hehe.. oia obat yg dikasih juga gak mahal loh…


Nah gak enak nya nihh… pas bayar.. totalnya 453 rb.. ini termasuk biaya dokter, usg, biaya buku dan pendaftaran tapi vitaminnya belum.. sempet terkesima dengan jumlah segitu karna aku perkiraan aku biaya konsul itu sekitar 300an..


Selama sebulan pertama ini napsu makan masih ok.. bahkan kadang2 merasa sangat lapar dan makanan apa aja masuk.. udah gitu gampang banget ngantukk.. jam 9 malem pasti udah tepar…


Kunjungan dokter yg kedua pas 9 minggu ke RS. Family dengan dokter Jonny Herman.. dokternya juga udah senior.. di rumah sakit ini rame bangett kaya pasar.. pasiennnya dokter jonny pun banyak banget.. jadi males banget ngantri nya.. padahal datengnya hari kerja lohh.. di kunjungan kedua ini kata dokternya janin nya udah berkembang dan kandungan nya udah kuat.. Untuk harga konsulnya ga mahal sekitar 200rb an.. belum termasuk vitamin..


Nah mulai minggu ke 10 ini mulai deh mual2 parahnya dimulai.. awalnya pas lagi makan dimsum di ulang taun eyang.. aku suka banget sama dimsum, tapi pas makan itu dimsum, aku ngerasa eneg bangett… akhirnya makan dikit2 banget dan mulai ga tahan sama bau2 makanan… sejak itu ga tahan bau masakan, bau nasi, bau dapur.. makan pun di ruang tamu.. dan itu pun dipaksa banget makannya.. dan setiap waktu makan siang dateng, aku panic karena harus dipaksa makan.. pokoknya pas makan rasanya kesiksa bangett.. huhu…


Muntah2 juga mulai nih.. pernah selama seminggu tiap abis makan malem aku muntah… ya ampun sebel banget rasanya.. udah makannya susah, eh keluar lagi.. tiap abis muntah kan dipaksa makan lagi.. tapi gak ngaruh soalnya abis itu jg muntah lagi… dan akhirnya tidur dengan perut kosong… dan ini berlangsung selama seminggu.. untungnya gak lama2..


Gara2 ini, beratku jadi turun 2 kilo.. padahal sebelumnya udah naik.. haduh sedih banget pas tau BB turun.. oia untuk control yg ketiga aku pindah ke RS Harapan Kita dengan dokter Agus Supriyadi.. dan sampe skrg pun masih control ke dokter Agus… Di Harapan Kita gak serame di RS Family jadi aku seneng.. aku control tiap hari rabu malem.. sengaja pilih yg hari kerja soalnya kalo sabtu pasti rame banget.. untuk biaya kontrolnya 215rb, belum termasuk vitamin.. mulai control ke harapan kita pas minggu ke 13..


Selama trisemester pertama sempet sakit flu & batuk.. kadang2 diare juga.. padahal makan nya gak aneh2 lohh.. dan sebelnya tiap sakit gak bisa minum sembarang obat, jadi musti istirahat aja.. dan lama banget sembuhnya.. sering banget ngerasa masuk angin.. tapi bukan masuk angiin.. emang perutnya berasa banyak angin gitu.. Begitulah kira2 rasanya selama trimester pertama.. lebih banyak gak enaknya.. hehe.. padahal seharusnya di trimester ini musti makan makanan bergizi supaya janin nya berkembang dengan baik.. tapi gimana yahh.. makan aja musti dipaksain.. apalagi aku ga doyan sayur.. haha…

1 comments:

denati (dessy isyana sunaryati) said...

ya ampun dhita, ini blog lo toh..so dokter spog lo dimana bu?duh kangen deh sm kamu, share2 donk dokternya.Km sekarang tinggal dimana?