9 Bulan Menyusui



Alhamdullilah masih bisa ngasih ASI selama 9 bulan ini ke Mily.. Aku adalah seorang working mom.. jadi tiap hari harus pompa ASI di kantor.. Alhamdulillah selama ini proses menyusui tidak ada masalah.. dari awal lahiran pun ASI sudah keluar.. Aku pun tidak pernah mengalami yg namanya putting lecet, payudara bengkak yg parah.. stock asip sampai sekarang juga masih aman, freezer kulkas 2 pintu yg kecil masih penuh.. mungkin ada sekitar 150 botol/plastic asip @100ml..

Tetapi tidak mungkin jika aku tidak mengalami kendala sama sekali dalam proses menyusui ini.. kendala yang sampai sekarang masih aku alami adalah tidak adanya ruang menyusui di kantor.. jadi selama ini aku pompa ASI di toilet.. beruntung Mily tidak bermasalah dengan ASIP yg aku pompa di toilet, mengingat banyaknya kuman di toilet.. tapi dengan bismillah dan menjaga kebersihan setiap kali pompa, aku tetap melakukan pompa di toilet selama 6 bln ini.. kantorku tidak memiliki ruang meeting yg bisa digunakan untuk pompa ASI.. tidak memungkinkan juga untuk dibuatkan ruang menyusui, karena aku satu2nya ibu menyusui di kantor ini dan space ruangan kantor pun tidak ada yg tersisa untuk dibuat ruang menyusui.. jadi sampai saat ini aku masih setia dengan toilet sebagai ruang pompa ASI.. apakah aku iri setiap membaca artikel ttg ruang menyusui suatu perusahaan seperti artikel ini ? Yah pastinya dan sangat berharap perusahaan ku pun suatu saat mau membuat ruangan menyusui..

Untuk waktu memompa ASI, aku juga sempat bermasalah dengan bos aku.. akhirnya pumping hanya bisa dilakukan selama setengah jam pada pukul 9, pada jam istirahat jam 12 siang dan jam 5 sore ketika jam kantor sudah berakhir.. memang jadi menggeser waktu makan siang aku menjadi lebih cepat dan menggeser jam pulang kantor menjadi lebih lambat.. tapi itulah resiko yg harus aku lalui.. aku pun juga tau sebenernya ada undang2 yg mengatur mengenai hak ibumenyusui.. Tapi sepertinya kantorku tidak pernah mengungkit2 mengenai hal ini.. jadi dari pada tidak diberi waktu sama sekali, aku gunakan waktu tersebut sebaik mungkin.. mengingat jumlah ASI yg dihasilkan dipengaruhi oleh mood aku, jadi aku harus enjoy dengan proses pumping di kantor ini.. memang tidak dipungkiri rasa bosan sering sekali dating.. tapi semua itu bisa aku lawan..

Satu hal lagi yg ingin aku share, bahwa kita harus selalu mensyukuri berapa pun hasil pumping.. hasil pumping jumlah nya tidak bisa selalu sama dan konstan setiap hari.. banyak hal yg mempengaruhi hasil pumping tersebut, seperti mood, makanan yg kita makan, load kerjaan, kondisi fisik kita.. jangan pernah stress jika suatu saat hasil pumping menurun, dengan tidak stress maka hasil pumping akan kembali seperti semula.. tetaplah rutin untuk memompa ASI, inilah kunci keberhasilan dari pumping..

Selama rintangan2 dalam proses menyusui masih bisa aku lalui, aku pasti gak akan menyerah untuk menyusui Mily.. 2 tahun waktu yg sebentar lohh.. jadi mom.. jangan menyerah ya dengan segala rintangan dalam proses menyusui.. dengan tekad kuat dan disiplin kita pasti bisa melaluinya.. 
Yes, Breastfeeding Worth Fighting For...

2 comments:

Anonymous said...

Sekali Pumping bisa dapet berapa mili dalam durasi waktu berapa lama? aku kok cuma bisa maksimal 60ml/pumping itu sudah di kedua PD.

Dhita said...

Hai, biasanya aku pumping 20 menit dapet 150-200ml. Coba double pumping deh itu bisa bikin lebih banyak dapetnya. Jangan lupa juga manfaatin LDR, karna kalo lagi gak LDR emang keluarnya cuma setetes2.