Pola Makan & Berat Badan



Dari kecil aku termasuk orang yg kurus. Karna emang susah makan. Sampe kuliah pun masih kurus. Nah begitu kerja karna udah punya uang sendiri, duduk depan meja terus, gak banyak bergerak, mulai seneng jajan2 di restoran, mulai deh menggemuk. Terberat adalah 53kg. Itu celana2 udah ngepas semua. Mulai2 ngurangin makan tapi susaah banget. Karna aku doyan banget ngemil. Pas nikah pun gak pake diet2an. Ya udah lah biar aja berat badannya segini aja. Abis nikah ternyata langsung hamil, jadi udah gak mikirin berat badan lagi.

Setelah melahirkan, berat badanku langsung turun dengan drastis. Karna gak ada pembantu jadi semua ngerjain sendiri, trus nyusuin pula. Padahal makan banyak banget. Berat ku jadi 47kg. balik ke berat waktu kuliah dulu. Seneng banget bisa nyampe segitu lagi. Tapi banyak yg protes karna pada bilang terlalu kurus. Sampe Mily umur 20 bulan aku makan sebanyak apapun berat gak nambah. Sampe akhirnya di lebaran kemaren. Selama libur lebaran makan banyak banget. Begitu masuk kantor pas abis lebaran langsung kaget karna celana pada sempit. Waa akhirnya berat ku nambah juga. Gak sempet nimbang sih berapa, tapi kalo celana udah sempit berarti berat udah naik.

Akhirnya cari2 deh cara diet yg enak gimana. Setelah baca2 di beberapa forum langganan, dari beberapa cara diet yg ada yg paling masuk akal buat aku adalah food combining. Sebenernya gak bisa dibilang kalo aku udah jalanin food combining, karena yg baru disiplin dijalanin baru sarapan buah aja. Minum air anget + lemon peres aja belum pernah coba. Apalagi kombinasi makan siang sama malem nya, wah masih kacau balau. Masih gak tahan gak makan nasi pake ayam goreng. Haha. Masih gak tahan gak ngemil gorengan, kue, crackers, coklat. Wuaa.

Tapi untuk sarapan buah ini aku coba terrapin bener2. Setiap pagi sarapan papaya/melon. Trus di kantor lanjut papaya/melon lg, apel, pear, belimbing, kiwi, salak. Ganti2 deh buahnya. Dan selama pagi itu di tahan banget supaya gak ngemil. Selama 3 minggu ngejalanin sih cukup dispilpin. Tapi kalo udah diatas jam 12 siang langsung bubar deh, makan apa aja yg lagi mau. kalo weekend juga diusahain tetep sarapan buah.

Masih jauh dari sempurna sih, tapi kok ya baru sarapan buah doank, celana aku udah gak sempit lagi loh. Trus sempet nimbang udah balik lagi ke 47kg. wah gimana kalo bener2 diterapin dengan sempurna ya. Badan bisa bener2 fit kali ya.

Trus pernah makan coklat kebanyakan langsung pusing loh. Pernah juga telat makan siang, gara2 ketiduran. Bangun2 jam 2 siang, langsung takut banget masuk angina, karna kan Cuma sarapan buah doank, jadi langsung buru2 makan. Tapi ternyata besok2nya gak masuk angina loh. Pdhl dulu aku telat makan dikit aja langsung masuk angin. Hari minggu kmrn jg telat makan, Alhamdulillah sampe hari ini gak masuk angina loh. Hebat ya.

Aku juga gampang banget kena flu. Sblm puasa sama setelah lebaran kemaren kena flu. Nah sampe skrg aku belum flu lagi. Semoga dengan memperbaiki pola makan bisa bebas flu ya. Sebel banget soalnya bisa setiap bulan kena flu.

Sampe skrg berusaha banget buat bisa nerapin food combining sepenuhnya. Karna aku percaya dengan teori dari food combining ini. Sangat masuk akal. Dan satu lagi pengen nerapin juga ke suami yg overweight. Sampe skrg blm berhasil. Doakan semoga bisa nerapin pola hidup sehat ini ke suami dan anak aku ya. Kalo sekarang masih agak susah karena mertua ku aja menganggap aku diet. Sempet dia ngomong, udah kurus jangan diet2 lagi. Duh.

Oia satu lagi aku ini termasuk yg gak neko2 dalam hal hidup dan makan. Aku gak doyan kopi, sambel, jeroan. Setiap hari makan teratur 3 kali sehari. Makan buah juga. Tapi aku gampang banget flu dan masuk angin. Sempet mikir juga, kenapa dengan pola makan dan hidup yg mnrt aku bener & rapi ini, kok masih juga gampang sakit. Ternyata setelah aku nerapin sarapan buah dan ngurangin cemilan aneh2, sudah sebulan ini belum flu dan masuk angin. Semoga bisa terus jaga makanan ya. Biar bisa sehat terus.

0 comments: