Kelas laktasi RS Carolus

Di Carolus kelas laktasi tiap hari ada.. untuk jadwal lengkapnya cek di webnya aja yah.. Karena aku cuma bisa ikut hari sabtu, jadi pagi2 dateng deh ke Carolus.. nyampe jam8.. buka nya jam 7pagi.. lebih baik datengnya pagi karena RS ini rameee bangettt.. Nah sistem kelas laktasinya untuk ibu yg sedang hamil, akan dikumpulin jadi 1 kelompok.. kmrn kita ada 3pasang.. oia disini juga diajurkan supaya suami nya ikut karena supaya sepaham dengan istrinya.. kalo untuk ibu yg udah punya anak, anaknya harus dibawa, trus dipanggil satu2 dan konsultasi dengan dokternya masalahnya apa.. kmrn lumayan rame yg dateng ke klinik laktasinya.. masalahnya macem2 juga, ada yg bayinya baru 1 bulan, tp asi nya gak keluar.. ada yg bayinya udah 1tahun, produksi asi nya udah turun.. ada yg menurut ibu nya asi nya dia dikit, padahal anaknya perkembangannya normal..

Aku dipanggil masuk bareng 2pasangan lain sekitar jam9an.. lama juga nunggunya yaa.. rame soalnyaa.. pertama di jelasin sama dokternya tentang IMD, pentingnya RS Pro ASI, cara menyusui yg benar, bahaya susu formula, pemberian ASIP dengan gelas/sendok, cara memerah ASI dengan tangan, pijat payudara selama menyusui.. setelah dijelasin semua, langsung deh praktek sama susternya.. jadi suami disuruh keluar, trus kita langsung praktek deh..

1. Cara perawatan payudara selama hamil.. caranya cukup di kompres dengan minyak (baby oil, minyak zaitun) trus di bersihiin dengan gerakan di plintir putingnya.. gunanya supaya putingnya lentur dan bersih.. selama hamil, payudara tidak perlu di pijat..

2. Cara pijat payudara selama menyusui.. ada 3 teknik.. gunanya supaya asinya lancar.. selama menyusui sebaiknya dilakukan pijat payudara ini.. abis itu di kompres dengan air hangat lalu dingin dan ditutup dengan air hangat..

3. Cara merah ASI dengan tangan.. dokternya nyaranin untuk merah jangan pake pompa.. karena bisa merusak jaringan payudara.. haha aku udah pengen beli pompa jadi gak jadi deh.. liat nanti dulu deh kalo ada kesulitan merah pake tangan, baru beli pompa.. soalnya pompa mahal hehe..

4. Cara menyusui yg benar.. cara memberi ASIP dengan sendok/gelas.. disini disaranin supaya kalo ngasih ASIP jangan pake botol susu.. gelasnya pake cup feeder nya medela... atau sendok yg stainless steel.. untuk media penyimpanan ASIP sebaiknya pake botol kaca.. di carolus juga jual botolnya..harganya 3000an/buah.. bentuk botolnya kaya botol selai.. lehernya gede, jadi bisa langsung merah kesini..

Nah terakhir, kita bisa langsung liat cara merah asi & menyusui bayi dari ibu yg konsultasi langsung.. Klinik ini bagus banget.. dan nanti kalo udah melahirkan, disaranin balik lagi ke sini dengan bawa bayinya.. jadi bisa diliat menyusui nya udah benar atau belum.. jadi kalo ada ibu2 yg ada masalah dengan menyusui silakan dateng ke klinik ini, dokter & susternya helpfull banget loh..

Biayanya, kira2 100rb an.. lupa tepatnya berapa, soalnya ku beli buku paduan jadi ibu juga seharga 20rb.. total bayar sekitar 120 berapa gt.. aku juga beli botol buat simpen asi disini..

Semoga persiapan ini cukup yah buat ASIX nya dede bayi...

1 comments:

Grosir Bebenito said...

Bermanfaat infonya buat new comers seperti saya.. Terima kasiiih... ;)