Pilah Pilih Sekolah

9 hari lagi Mily 2 tahun. Dari Mily lahir aku memang tidak mau menyekolahkan dia terlalu dini. Alasannya karena takut anaknya bosen sekolah. Inget banget waktu jaman sekolah dulu, bosen banget tiap hari ke sekolah. Waktu itu belom survey2 sekolah, belum tau metode sekolah sekarang kaya apa. Makanya sampe sekarang Mily blm pernah sekolah. Mulai taun lalu aku mulai browsing2 sekolah deh. Mulai dari baca2 forum sampe dateng ke bbrp school fair. Tapi bayangan sekolah masih belum ada, masih sekelebat aja.

Sekitar 2 minggu lalu, aku diundang ke open house nya sekolah kepompong. Tau sih kepompong itu bagus karena metode pengajarannya yg ga biasa. Makanya penasaran pengen dateng. Nah abis dateng ke open house kmrn baru deh aku serius nyari2 sekolah.

Rencana awalnya sih pengen mulai sekolahin umur 3,5thn ke Kelompok Bermain. Karena Mily lahir Desember makanya aku agak bingung nih mau mulai sekolah umur berapa. Baca dari bbrp referensi katanya lebih baik kalo dimundurin aja. Tapi kalo cewe bisa aja dipaksa masuk awal karena lebih cepet dewasa, sedangkan kalo cowo lebih lambat. Nah sampe skrg belum tau mau gmn nih. Intinya sih harus tau dulu akan masuk SD mana, dan SD itu nerima muridnya seperti apa. Karena aku gak pengen sampe Mily ngulang TK karena umurnya belum cukup masuk SD.

Trus masalah investasi pendidikan, aku udah nabung dari Mily lahir. Tapi uang pangkalnya pake estimasi, dan gak mematok mahal2 banget karena dulu tau nya yg mahal2 itu sekolah yg internasional dan aku gak pengen masukin ke internasional. Gak taunya sekolah kepompong yg nasional aja uang pangkalnya mahal banget. *elus dada*.

Pemilihan tipe sekolah masih sama dengan keinginan awal, gak pengen masukin ke sekolah international. Karena sbnr nya (setau aku) sekolah international itu mempersiapkan anak untuk sekolah di luar negri, dimana aku belum punya cita2 untuk nyekolahin Mily ke luar negri. Pengennya masukin ke sekolah Islam. Tapi pengennya Islam nya yg bener. Trus ada tapi nya juga, kenapa sekolah Islam itu mata kuliah pelajaran agamanya banyak banget ya? Bahkan ada yg 50% pelajaran agama. Dulu waktu aku sekolah katolik, pelajaran agamanya cuma 2 kali seminggu. Misa 1 kali seminggu. Dan menurut aku itu udah cukup untuk menghafal doa2 & kegiatan agama karena dilakukan rutin. Kenapa sekolah Islam banyak sekali ya pelajaran agamanya. Tapi karena agak susah nyari sekolah agama yg ideal menurut kita, mungkin akan dimasukin sekolah nasional aja, trus manggil guru agama untuk memperdalam agama nya. Masih belum tau juga nih.

Setelah survey & browsing sampai saat ini, pengennya sih masukin ke sekolah swasta nasional (maksudnya tidak berbasis agama & pake bhs pengantar indonesia). Karena rencananya nanti akan pindah ke Bintaro, jadi aku survey2 sekolah daerah bintaro yg mirip2 Kepompong & Kupu2. So far ada bbrp sekolah yg akan di survey. Diantaranya Bumi Bambini, Bestariku, Tara Salvia, bbrp sekolah Islam di daerah Jombang. Tapi blm sempet nelpon & dateng langsung sih.

Masalah biaya, ternyata estimasi aku salah. Sbnr nya gak pengen maksain sekolah yg mahal juga kalo emang gak mampu. Tapi ngeliat metode pengajaran student centered yg menarik itu kok kayanya worthed ya. Soalnya ya itu, kalo sekolah yg metode lama kaya kita sekolah dulu bosen banget loh. Ya kan. Tiap hari cuma dikasih catatan, hafalan, PR, ulangan. Itu2 aja setiap hari. Kita gak diajarin mengeksplorasi diri kita sendiri.Makanya untuk Mily aku pengen yg metode pengajarannya beda dan lebih menarik. Dan itu dia, ternyata mahal yaa sekolah yg metodenya seperti ini. Pengennya sih bisa nyekolahin Mily di sekolah kaya gini, jadi doain supaya kita dapet rejeki lebih ya. 

Trus kmrn liat open house, ternyata fun juga ya kalo dari umur 2 anak mulai disekolahin. Hehe. Abis kan sekolah sekarang rata2 metode nya udah gak kaya dulu, lebih fun. Jadi bimbang juga loh mau mulai kapan nyekolahinnya. Hhh. jadi banyak bingung nya ini. 

Jadi intinya skrg masih dalam proses milih sekolah sih. Semuanya masih bingung belum ada kepastian. Semoga bisa dapet yg terbaik buat Mily ya. Semoga lancar semuanya.

0 comments: